Marshanda Lepas Hijab, Terus? Salah Ketek Gue?

11.27 13 Comments A+ a-

Marshanda lepas jilbab? Salah ketek gue?


Kemarin ada salah satu berita kejutan selain tentang Capres nomor satu yang mengundurkan diri serta Capres nomor dua yang menjadi Presiden Indonesia periode berikutnya. Bukan pula tentang Syahrini yang sedang berlibur di Eropa selama beberapa hari. Ada salah satu kejutan lainnya yang sebenarnya mengusik pemikiran saya.

Marshanda lepas hijab!

Jika bukan Marshanda, saya tidak ingin menanggapi lebih jauh. Toh banyak artis lainnya, bahkan teman saya sendiri, yang pada akhirnya tidak kembali berhijab. Saya sudah terbiasa berprinsip: “Itu urusan mereka dengan Tuhan!”

Masalahnya adalah Marshanda ini seorang public figure, motivator, sekaligus ibunda Sienna yang masih balita. Satu lagi, kasus ini kembali mengingatkan saya terhadap kasus video nyanyi-nyanyi gaje beberapa tahun lalu sebelum ia menikah dan berhijab.

Kembali 'gila'?

Marshanda tidak hanya melepaskan hijab. Ia pun sudah berani membuat video berdurasi pendek berisi lakonnya yang sedang membacakan puisi curahan hatinya. Karya yang sangat bagus. Sangat disayangkan ia membacakan puisi dengan wardrobe yang menurut saya gagal. Tubuhnya yang tidak seperti di kala ia masih remaja membuat saya risih. Tidak seindah dahulu dan tentunya sebaiknya memang tidak usah kembali diumbar. Lebih enak jika ditutupi.

Jika video itu dibuat bukan oleh Chacha (nama kecil Marshanda), barangkali saya akan masa bodoh. Yang jelas, di dalam video tersebut seakan Chacha terlihat terbebani oleh banyak masalah, sehingga ia membuat Letter to God. Namun menurut saya, masalah yang ia hadapi alangkah sebaiknya sekadar diketahui olehnya saja. Tidak perlu dijadikan curhat colongan dalam bentuk puisi dengan visual yang menuai kontroversi. Tidak perlu diketahui oleh banyak orang, toh kisah hidupnya tidak terlalu penting bagi kita sebenarnya.

Chacha bukan seorang remaja. Karena itu saya terusik mengapa perempuan dewasa sepertinya masih belum bisa mengatur masalahnya sendiri. Motivator? Lho, memotivasi dirinya saja sudah gagal. Jika ia belum bisa dewasa, bagaimana nasib Sienna?

Keputusan ini memang salah satu hak Chacha. Namun sayangnya malah menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Kasihan. Hujatan masih kita lihat secara gamblang di akun media sosialnya. Kabarnya pula kontrak bersama salah satu kosmetik Muslimah terputus. Bagaimana dengan profesi motivatornya? Saya rasa telah mati. Sangat sedikit orang yang berminat kembali diberikan motivasi oleh seorang artis seperti Chaca.

Berhijab bukan pilihan, namun kewajiban. Namun sekali lagi, hal ini akan menjadi bumerang bagi Chacha yang kembali berbusana tanpa hijab. Menambah masalah. Menambah beban pikiran Chacha yang tiada henti dihujat. Yakinkah ia dapat bertahan di-bully? Sudah siap ditinggalkan penggemar?

Jika bercerai dengan Ben memang jalan terbaik bagimu, silakan. Namun berhati-hatilah dalam menyikapi masalah ini. Kasihan Sienna. Kasihan penggemar. Kasihan keluarga. Ingat, ini kedua kalinya Chacha telah menambah cedera diri bahkan orang terdekatnya.

Jika memang Chacha lebih nyaman dengan hidupnya sekarang, saya mau bilang apa? Ya sudahlah, toh ada banyak orang yang telah mengingatkan Chacha. Mungkin pesan moral yang dapat kita petik adalah:

1. Motivator tidak selamanya lebih baik dari kita
2. Menjadi dewasa itu perlu
3. Menyikapi masalah harus dengan hal-hal yang tidak dapat menambah masalah
Dst.

Saya hanya berpendapat. Bukan ingin menghujat. Saya tidak merasa benar. Namun saya ingin menjadi seseorang yang hampir mendekati jalan kebenaran. Saya tidak maksud untuk menggurui, hanya ingin menyampaikan apa yang ada di dalam pikiran. Saya kembalikan lagi hal ini kepada Chacha dan keluarga. Jika hal ini terkait dengan jiwanya, saya pikir keluarga harus segera membawa Chacha ke dokter/psikolog.

Jika berkenan, Sienna boleh lho saya asuh. Kalau boleh juga nih, Ben buat saya juga tidak mengapa lho, Cha. Damai!

Mohon maaf jika tulisan ini tidak berkenan di hati pembaca termasuk Chacha. I miss you, Lala. Ibu Peri, mohon temani Lala dan bantu ia mencari jalan keluar dari permasalahan, ya.


Salam.

13 komentar

Write komentar
Farid Azroel
AUTHOR
22 Juli 2014 12.10 delete

Di suatu teman nun jauh disana seorang bapak dengan nama mirip karakter game Mario Bros mungkin terdamaikan hati bila mengetahui seorang rival motivator-nya telah 'jatuh'.

Bentar.
GUE NGOMEN APA BARUSAN???


Hukum kejam tak tertulis di dunia maya emang kejam, orang biasa aja bisa kena bully sampai tahap yang bisa bikin nangis bahkan mungkin gila -okeh, ini rada lebay- apalagi public figure.
Intinya hati-hati di socmed dan semoga ibu peri kembali menolong Chaca bukan Angel Karamoy (y).

Reply
avatar
Ijal Fauzi
AUTHOR
22 Juli 2014 12.15 delete

Atuh om parid mah segala Mario Bros :((

Reply
avatar
Farid Azroel
AUTHOR
22 Juli 2014 12.16 delete

Kalau pake nama aseli nanti daku dituduh sudah melakukan pencemaran nama baik lagi ._.

Reply
avatar
Dauz Rahmat
AUTHOR
22 Juli 2014 17.44 delete

Tulisan yang di blod-in menang banyak:p

Reply
avatar
22 Juli 2014 19.03 delete

Curahan hati seorang pengamat. *eh.
Semoga Chacha gakayak dulu lagi. :3

Reply
avatar
Queen
AUTHOR
22 Juli 2014 19.32 delete

Seharusnya Chaca melampiaskan keresahan hatinya dengan mengkonsumsi Chaca aja.. atau Recheese.......Jangan ngemilin kawat seperti ini :(

Reply
avatar
Mayang Dwinta
AUTHOR
22 Juli 2014 21.37 delete

Ujung-ujungnya kok malah minta dihibahin Ben sama Sienna? Modus ini. Hahaha.

Reply
avatar
22 Juli 2014 21.46 delete

Semoga chacha kembali terarahkan ~

Reply
avatar
23 Juli 2014 01.12 delete

((( Ben buat saya ))) -_-

Reply
avatar
pandusatrioo
AUTHOR
23 Juli 2014 01.45 delete

dan yang saya kepoin, dia pindah keyakinan? who knows? urusan dia sama yang diatas, marshanda juga sudah dewasa, dia seharusnya tau yang mana yang harus dilakuin.

BTW GEMBROT BANGET!

Reply
avatar
Emelia Ariska
AUTHOR
23 Juli 2014 03.07 delete

pertama tau ka caca gitu dri twitnya kapina *serius* trus ngekepoin twit yg lain sampe ke akun socmed ka caca yg lain.
Kecewa sih, soalnya aku jg pengagum cerita hijrahnya dia :')
Mungkin dia hijrah lagi, klo dulu ke jalan Allah, kalo skrg entah ke jalan siapa.

Btw, idem sma bang pandusatrioo. Badannya hmmm.....

Semoga bisa kembali ke jalan yg benar (lagi).
Btw, aamiin ajadeh buat yg d bold :v

Reply
avatar
24 Juli 2014 04.39 delete

Tulisan yg keren, Vina. Gua setuju bahwa sebenernya mau pake baju apa juga itu urusan orangnya. Cuma memang ini ga enaknya jadi artis terkenal, segala sesuatu yg kita perbuat bisa jadi bahan berita, gosip, bahkan trending di dunia maya. So yeah, saran gua buat Chacha, nanti kalo udah beres kumpulin 7 buah Dragon Ball, jangan lupa minta ke Dewa Naga, di kehidupan kedua jangan jadi artis, biar bebas mau pake baju apapun. Kalo bukan artis, mau pake kancut di kepala sambil salto juga ga akan ada yg protes...wkwkwk

Reply
avatar
Alfi Zakiah
AUTHOR
11 Agustus 2014 08.25 delete

yang penting neng vina gak gitu.... :D

Reply
avatar